Prosedur Pengadaan Peralatan Kantor
Mata Pelajaran/Standar Kompetensi : Mengelola Peralatan Kantor
Kompetensi Dasar
: Melakukan Prosedur Pengadaan
Peralatan Kantor
Prosedur Pengadaan Peralatan Kantor
A. Pengertian Pengadaan
Pengadaan adalah setiap kegiatan yang
bertujuan untuk menyediakan kebutuhan
perlengkapan kantor untuk menunjang pelaksanaan pekerjaan
kantor.
B. Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Pengadaan
- Mengikuti prosedur pengelolaan perbekalan.
- Mentukan jenis, kualitas dan kuantitas perlengkapan yang diperlukan.
- Menyediakan dan menggunakan perlengkapan kantor dalam kegiatan operasional.
- Menyediakan perbekalan sesuai dengan anggaran yang berlaku.
- Menyimpan dan memelihara perlengkapan.
- Mengumpulkan dan mengolah data perbekalan kantor.
- Menghapuskan perlengkapan yang sudah tidak dapat digunakan sesuai prosedur.
C. Langkah-Langkah Pengadaan
- Pengajuan surat permohonan ke gudang
- Pemeriksaan stock barang digudang oleh petugas.
- Jika ada barang diberikan dengan dengan bon pengelluaran.
- Jika tidak ada petugas memberikan nomor pada surat permohonan dari buku induk.
- Surat diserahkan bendahara, bendahara mengecek antara permohonan dan ketersedian biaya.
- Bendahara meminta persertujuan ppimpinan.
- Bagian logistik melakukan pembalian dengan persetujuan pimpinan.
- Barang diperiksa menganai kualitas, kuantitas.
- Barang diserah terimakan dengan menggunakan buku sertah terima barang.
- Dilakukan kegiatan pencatatan, disimpan di gudang untuk didistribusikan.
D. Langkah-Langkah Pengadaan Barang Tidak Habis Pakai
- Menyusun analisis dan menganalisis keperluan perlengkapan sesuai
- dengan rencana kegiatan serta dengan memperhatikan barang yang masih layak pakai.
- Melakukan perkiraan biaya yang diperlukan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.
- Menetapkan skala prioritas menurut dana, urgensi kebutuhan dan menyusun rencana pengadaan tahunan.
E. Kegiatan yang harus Dilakukan Dalam Pengadaan
1. Penyimpanan
Penyimpanan perlu diperhatikan
karena dengan penyimpanan yang baik maka
efisiensi dan efektifitas kerja dapat
ditingkatkan. Dalam kegiatan penyimpanan
harus memperhatikan:
- Persediaan alat-alat
pemelihara yang diperlukan.
- Memenuhi syarat penyimpanan
barang.
- Memperhatikan sifat barang
yang disimpan.
- Memperhatikan jangka waktu
penyimpanan.
- Memperhatikan tenaga yang
diperlukan dan biaya yang harus dikeluarkan.
2. Pemeliharaan
Pemeliharaan merupakan kegiatan
terus menerus agar barang tetap dalam kondisi
baik setiap waktu akan
digunakan. Pemilharaan harus dilakukan sesuai
jadwal yang telah
dilaksanakan.
3. Adminstrasi perlengkapan
Administrasi perlengkapan
dimulai dengan pencatatan secara teratur tiap-tiap barang.
Kegiatan pencatatan ini
bertujuan untuk mendata barang perlengkapan yang dimiliki oleh
suatu kantor. Selain pencaatatan
atauu pendataan kegiatan administrasi perlengkapan
lain adalah kegiatan penghapusan
atau penyusutan.
Sumber:
Modul Mengelola Peralatan Kantor Jilid 1, Musyawarah Guru Mata Pelajaran Administrasi Perkantoran Kabupaten Sleman
Modul Mengelola Peralatan Kantor Jilid 1, Musyawarah Guru Mata Pelajaran Administrasi Perkantoran Kabupaten Sleman
Tidak ada komentar:
Posting Komentar